MELIPATGANDAKAN OMSET & LABA (Bagian 2)
Oleh : Suhu Wan (Ketum AMRI & Owner Idolmart)
Pada tulisan bagian pertama sudah saya sampaikan MATEMATIKA MELEDAKKAN BISNIS, yakni :
CALON PELANGGAN x TINGKAT KONVERSI x FREKUENSI KUNJUNGAN x NILAI BELANJA X MARGIN = LABA
Agar lebih mudah difahami saya mulai perlahan dahulu, saya ganti ke 5 variabel diatas dengan masing2 angka 10 yakni :
10 x 10 x 10 x 10 x 10 = 100.000
Andaikan setiap variabel berhasil kita tingkatkan 10% (dari 10 naik menjadi 11) maka LABA akan meningkat 61% (100.000 menjadi 161.000)
11 x 11 x 11 x 11 x 11 = 161.051
Sangat gampang kan memahami rumus 5 variabel ini? Mungkin masih banyak yg bertanya arti dari setiap variabel (CALON PELANGGAN, TINGKAT KONVERSI, FREKUENSI KUNJUNGAN, MARGIN) dan bagaimana meningkatkannya….sabar dulu saja nanti akan saya jelaskan. Yg penting sekarang mengerti dulu maksud dari rumus matematika ini.
Andaikan setiap variabel berhasil kita tingkatkan 20% (dari 10 naik menjadi 12) maka LABA akan meningkat 149% (100.000 menjadi 248.832)
12 x 12 x 12 x 12 x 12 = 248.832
Selanjutnya jika setiap variabel berhasil kita tingkatkan 60% (dari 10 naik menjadi 16) maka LABA akan meningkat 10 kali lipat atau hampir 1000% (dari 100.000 naik menjadi 1.048.576)
16 x 16 x 16 x 16 x 16 = 1.048.576
Menarik bukan? Tentu sangat menarik jika laba kita misalkan hari ini hanya Rp 10 juta per bulan menjadi Rp 100 juta per bulan. Bahkan jika hanya berhasil menaikkan setiap variabel 10% saja, laba kita sudah naik 61% atau menjadi Rp 16 juta per bulan. Menaikkan 10% dari setiap variabel bukanlah hal yg terlalu sulit sebenarnya.
CALON PELANGGAN adalah target market kita, orang2 yg berpotensi akan berbelanja di tempat kita. Seperti toko saya, orang2 yg tinggal dalam radius 1-2 km dari toko adalah calon pelanggan. Orang2 yg setiap hari melintas di depan toko juga adalah caLon pelanggan. Bagi bisnis online, semua orang yg membaca promosi yg kita buat akan menjadi CALON PELANGGAN kita.
Cara meningkatkan CALON PELANGGAN antara lain dg melakukan promosi, misalnya dengan menyebar brosur. Ada seorang yg tidak pernah melihat dan mengenal toko saya, begitu dia mendapatkan brosur maka dia akan menjadi calon pelanggan, Menambah ragam produk juga bisa menambah calon pelanggan, misalkan kita hanya menjual pakaian wanita saja. Kita tambah dg menjual pakaian pria, maka CALON PELANGGAN kita otomatis akan bertambah, dari yg hanya wanita sekarang mejadi wanita dan pria. Banyak lagi cara meiningkatkan CALON PELANGGAN.
TINGKAT KOVERSI adalah prosentase dari jumlah PELANGGAN (yg benar2 berbelanja di bisnis kita) dibandingkan dg jumlah CALON PELANGGAN. Misalkan dari total CALON PELANGGAN toko saya ada 1.000 orang, yg real belanja adalah 200 orang, berarti TINGKAT KONVERSI saya adalah 20% (200 dibagi 1.000). Jika yg berbelanja 300 orang berarti TINGKAT KONVERSI saya adalah 30% (300 dibagi 1.000).
Cara menaikkan TINGKAT KONVERSI banyak sekali, antara lain meningkatkan pelayanan terhadap CALON PELANGGAN. Sebuah bimbingan belajar didatangi oleh CALON PELANGGAN, namun karena pelayanan dari resepsionist jelek, maka banyak CALON PELANGGAN yg datang tidak jadi mendaftar. Dg memperbaiki pelayanan, ramah, dijelaskan dg menarik akan mampu menaikkan TINGKAT KONVERSI ini.
Akan saya lanjutkan penjelasan variabel yg lain pada tulisan berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar